Selasa, 06 Maret 2012

Latar Belakang Pendirian SMP " AL HIKMAH " Cepu

Ditengah derasnya pengaruh era globalisasi saat ini, menyebabkan persaingan antar negara sudah tidak ada batasnya. Setiap negara diharuskan memiliki daya saing yang kompetitif melalui berbagai bidang baik teknologi, sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Hal ini bisa menjadi momok yang sangat menakutkan apabila suatu negara tidak mampu mempersiapkan semua segi-segi persaingan, sehingga persiapan sedini mungkin harus dilakukan.
Menjadi tugas dan tanggungjawab bersama segenap komponen di negeri ini, baik pemerintah maupun masyarakat untuk menciptakan sumber daya manusia yang mempunyai keunggulan dan ketrampilan di segala bidang kehidupan.
Dunia pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia yang ada di Indonesia. Pengelola pendidikan harus terus-menerus mencari sistem pendidikan yang lebih baik, sehingga mampu meningkatkan mutu peserta didik. Sistem pendidikan yang interaktif, siswa dengan pembimbingnya dapat lebih banyak mendiskusikan materi yang disampaikan, bukan hanya mendengarkan dan mencatat materi yang disampaikan. Penguasaan bahasa Internasional yang selama ini dianggap kurang, harus terus ditingkatkan. Penguasaan bahasa Internasional yaitu salah satunya Bahasa Inggris merupakan prasyarat utama yang nantinya dipakai sebagai media komunikasi di era global.
Namun dalam kenyataannya, usaha meningkatkan mutu pendidikan menghadapi banyak kendala, misalnya: dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris di suatu tempat pendidikan, pembimbing dihadapkan sedikitnya interaksi antara pembimbing dengan peserta didiknya. Padahal hal tersebut harus dihindari (pembimbing dengan peserta didik harus interaktif lebih banyak), sehingga penguasaan peserta didik terhadap materi yang disampaikan akan lebih banyak.
Sistem pendidikan yang interaktif, sekarang ini masih belum banyak digunakan oleh sebagian besar lembaga pendidikan, padahal hal tersebutsangat mendukung upaya untuk meningkatkan kemampuan peserta didik.
Tanpa pengetahuan dibidang agama yang memadai, maka besar kemungkinan penerus bangsa terutama generasi Islam akan kehilangan jati dirinya dalam menghadapi pengaruh global tersebut.
Dalam mensikapi hal tersebut, Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Al-I’anah berusaha untuk ikut andil dalam mempersiapkan generasi Islam yang Mantap Aqidah, Berakhlak Mulia, Unggul Prestasi melalui sistem pendidikan yang diterapkan di SMP AL HIKMAH Cepu, karena disamping membekali siswa dengan pengetahuan umum yang berstandar kurikulum nasional, juga dibarengi dengan pendidikan dibidang agama yang mana siswa akan dibimbing oleh ustadz pendamping selama 24 jam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar